Menu Close

Jelang Pilkades Serentak, Bupati Edi Endi Bersama Forkopimda Gelar Rakor Matangkan Persiapan

Labuan Bajo, Kominfo Mabar-Bupati Manggarai Barat NTT, Edistasius Endi didampingi Forkopimda memimpin Rakor Persiapan Pilkades Serentak Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Manggarai Barat di Ruang Rapat Bupati Manggarai Barat, Jumat (23/9/2022).

Rapat tersebut dihadiri para Camat se- kabupaten Manggarai Barat, unsur TNI- POLRI, Kaban Kesbangpol Fransiskus Partono, Kadis DPMD Melkior Nurdin serta beberapa OPD terkait .

Moment pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 102 desa yang ditetapkan jadwalnya 29 September 2022 mendatang bersamaan dengan rencana kunker Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan OASE Kabinet Indonesia bersatu yang dalam waktu dekat akan berkunjung ke Labuan Bajo.

“Dengan kondisi adanya beberapa kegiatan tersebut melalui rapat ini saya minta panitia mematangkan persiapan persiapannya,” ungkap Bupati Edi.

Bupati berharap segala persiapan penyelenggaraan hingga pengamanan dalam rangka menyukseskan pelaksanaan pilkades serentak di 102 desa tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat harus benar- benar matang, jangan sampai mengganggu kunker ibu negara.

“Pilkades kali ini moment yang bertepatan dengan kunker ibu negara yang dihadiri oleh seluruh istri para menteri dan istri Walikota/ Bupati se – NTT,” kata Bupati Edi Endi.

Untuk itu dirinya meminta kepada panitia dan para pihak terkait untuk mempersiapkan secara matang. Terutama dukungan aparat keamanan dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, mengawal setiap tahapan dan jadwal pilkades serentak yang digelar di 102 desa.

“Kita berharap tahapan dalam pelaksanaan pilkades serentak di 102 desa berjalan lancar. Saya mengajak seluruh elemen untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan pilkades yang berlangsung jujur, adil dan demokrasi,” pintanya.

Terkait pengamanan pilkades serentak yang jurdil, Bupati menekankan beberapa hal. Diantaranya; panitia diminta harus teliti, pastikan orang yang memiliki hak suara.

Dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak, Bupati meminta kerjasama Tim Forkopimcam, TNI-Polri untuk mengamankan pihak- pihak yang memanfaatkan moment pilkades sebagai ajang ‘ Judi’.

“Potensi ribut ini terjadi karena ada pihak yang memanfaatkan moment ini untuk judi, mohon kerjasamanya agar hal ini diminimalisir,” kata Bupati Edi .

Selain itu, ia meminta pihak berwajib untuk mengamankan oknum yang suka berkumpul mabuk- mabukan. Termasuk mengamankan para jurkam yang namanya tidak terdaftar di kepolisian Manggarai Barat. Serta keterlibatan ASN. Bupati meminta panitia untuk mengecek para ASN yang terlibat aktif ikut berkampanye.

“Bila ada PNS yang terlibat laporkan kepada saya,” kata Bupati Edi.

Ia juga mengharapkan panitia untuk memastikan agar seluruh logistik pilkades sudah harus ready dan didistribusikan paling cepat H-2 untuk desa yang radiusnya jauh dari Labuan Bajo .

Sedangkan yang radiusnya dekat dengan kota Labuan Bajo pendropingannya H-1. Skenario pendropingan kotak suara ke setiap TPS yang jauh dari ibukota Labuan Bajo dilakukan pada 27 september langsung ke desa.

Sementara pendropingan tanggal 28 september hanya untuk beberapa desa yang dekat dengan Labuan Bajo. Desa tersebut yakni, Desa Tiwu Nampar, Warloka, Golo Bilas, Nggorang, Watu Nggelek, Batu Cermin, Golo Pongkor ,Pasir Putih, Pasir Panjang dan Papagarang .

Utusan TNI Polri yang ikut dalam rapat ini menyebutkan pihaknya siap menyukseskan pilkades. Pihaknya akan membuat peta terhadap adanya kerawanan terjadinya potensi-potensi yang dapat menggagalkan pilkades dan money politik.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan para Camat dan patroli di setiap TPS. Kepolisian Resort Manggarai Barat akan menerjunkan 207 personil pada hari pencoblosan.

Karna keterbatasan pasukan, pihak Polres Manggarai Barat harapkan dukungan para Camat, Kades serta pihak terkait untuk terus memberikan informasi kepada polisi terkait sikond dilapangan untuk ditindaklanjuti oleh pihak berwajib .

Hal ini penting untuk mewujudkan suksesnya pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Manggarai Barat.**

(Hans-Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.