Menu Close

Ikatan Apoteker NTT Gelar Jalan Sehat, Senam dan Penyuluhan Dagusibu di Labuan Bajo

Labuan Bajo, Kominfo Mabar- Dalam rangka Konferda, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Daerah Nusa Tenggara Timur menggelar Jalan Sehat, Senam Sehat dan Penyuluhan Dagusibu di Water Front City Labuan Bajo, Jum’at (15/07).

Jalan sehat dilepas oleh Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng, M.Kes dengan rute. titik star dari Kantor Camat Komodo menuju Waterfront City sebagai titik akhir.

Setelah tiba di Waterfront City, peserta jalan sehat langsung menggelar Senam Sehat bersama yang dipimpin Instruktur senam Masri Urus, dan dilanjutkan dengan sosialisasi Dagusibu.

Dalam sambutannnya Wabup Yulianus mengapresiasi sekaligus berterimakasih karena memilih Labuan Bajo sebagai tempat penyelenggaraan konferda Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) PD NTT.

Menurut Wabup Yulianus pesona Labuan Bajo sebagai kota pariwisata super premium mampu menarik banyak orang untuk datang dan menikmati keindahan Labuan Bajo. Namun karna statusnya yang premium menuntut SDM yang premium, tidak terkecuali apotekernya juga yang premium.

“Ketika Kabupaten Manggarai Barat sudah ditetapkan sebagai Daerah Pariwisata Super Premium maka SDM harus super premium termasuk apotekernya harus super premium”, ungkapnya.

Dirinya berharap agar kegiatan Konferda ini membawa dampak langsung kepada masyarakat. Apoteker harus professional dalam memberikan layanan kefarmasian kepada masyarakat serta mampu memberikan informasi yang benar kepada masyarakat tentang penggunaan obat-obatan.

“Pemerintah tentu berharap, agar konferda ini memberikan dampak langsung kepada masyarakat. Masyarakat harus diberitahu cara yang baik dalam penggunaan obat-obatan. Apoteker juga harus professional dalam memberikan layanan kefarmasian kepada masyarakat”, harapnya.

Wabup Yulianus juga berpesan kepada peserta konferda terutama yang dari luar Labuan bajo agar setelah Konferda mengunjungi destinasi wisata yang ada di Labuan Bajo.

Sementara itu Ketua ikatan apoteker indonesia (IAI) PD Provinsi NTT Apt. Frahma El Lefiyana Polo S.Si. Msc dalam sambutannya mengatakan bahwa Ikatan Apoteker Indonesia merupakan organisasi profesi yang hadir dalam rangka melahirkan apoteker profesional sehingga mampu hadir secara nyata dalam pelayan kefarmasian yang akhirnya berujung pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Sebagai organisasi Profesi IAI hadir dengan maksud melahirkan apoteker yang professional dalam menjalankan tugas pelayanan kefarmasian kepada masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan masyarakat”, ucapnya.

Menurutnya, untuk mewujudkan tujuan tersebut maka IAI PD NTT menggelar Konferensi Daerah (Konferda) PD IAI tahun 2022 di Labuan Bajo untuk mengevaluasi kinerja para pengurus periode 2018-2022 sekaligus meningkatkan kompetensi para apoteker dengan kegiatan seminar.

Selain itu dirinya menegaskan bahwa obat merupakan komoditi yang mempunyai ketentuan dan tidak boleh salah dalam mendapatkan, menggunakan, penyimpanan dan buang. Karna itu IAI memandang perlu melaksanakan penyadartahuan atau sosialisasi kepada masyarakat DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang) Obat.

“Sebagai bentuk sumbangsih IAI untuk masyakat, IAI akan melaksanakan sosilisasi yang kami sebut DAGUSIBU obat. Sebab obat merupakan komoditi yang mempunyai ketentuan dan tidak boleh salah dalam mendapatkan, menggunakan, simpan dan buang”, katanya.

Diakhir acara dilakukan pelepasan balon tanda dimulainya rangkaian acara Konferda PD IAI NTT tahun 2022.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai Barat Ny. Trince Yuni Endi, Kadis Kominfo Paulus Setahu, S.Sos, Kadis Kesehatan Paulus mami, SKM, dan para Apoteker se-NTT.

(Tian-Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.