Menu Close

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 Gairahkan Ekonomi UMKM Labuan BajoL

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Rangkaian kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 turut menggelar Culinary and Cultural Festival untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Labuan Bajo setelah dua tahun pandemi Covid-19.

Culinary and Cultural Festival, yang melibatkan usaha kuliner dan kerajinan diselenggarakan di Waterfront, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai dari 27 hingga 29 Oktober 2022.

Direktur SDM IFG yang membawahi fungsi TJSL, Rizal Ariansyah mengatakan, IFG selaku sponsor utama ingin berperan dalam meningkatkan perekonomian dan mempromosikan pariwisata di Labuan Bajo yang masuk dalam Destinasi Super Prioritas (DSP).

“Kami telah memberikan pelatihan pada para pelaku UMKM dan memberi kesempatan pada mereka untuk memamerkan produknya di Culinary and Cultural Festival. Ini menjadi salah satu tujuan kami menggelar rangkaian acara IFG Labuan Bajo Marathon 2022 untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Labuan Bajo,” ujarnya saat membuka Pameran UMKM, Kamis (27/10) di Waterfront City Marina Labuan Bajo

Selain pameran UMKM, juga digelar lomba dayung sebagai salah satu ajang meramaikan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 sekaligus upaya menggairahkan pariwisata di Labuan Bajo.
“Lomba dayung diharapkan bisa memperkenalkan kekayaan budaya setempat serta membangkitkan semangat berprestasi,” ucap Rizal.

Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng Mengatakan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) memberikan apresiasi atas dukungan Indonesia Financial Group (IFG) Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan kepada pelaku usaha di Labuan Bajo dengan menghadirkan Pameran UMKM dalam rangka IFG Labuan Bajo Marathon 2022.

“Atas nama pemerintah kami sampaikan penghargaan kepada IFG yang sangat membantu pemerintah daerah saat ini dalam menghidupkan UMKM,” kata Wakil Bupati dr. Yulianus Weng

Wabup Mabar menyampaikan terimakasih karena rangkaian acara IFG Labuan Bajo Marathon 2022 ini benar-benar telah mengobarkan kembali semangat masyarakat Manggarai Barat untuk berkarya, dalam hal usaha maupun berprestasi di bidang olah raga. Ini terlihat dari antusiasme warga yang sangat tinggi untuk ikut dalam lomba dayung maupun marathon nanti

Seperti kita ketahui bersama, dua tahun terakhir, semua sektor terdampak pandemi, termasuk pariwisata, sehingga gerak roda ekonomi melambat. “Ini menjadi momentum untuk kembali menggairahkan pariwisata dan perekonomian di Labuan Bajo,” katanya.

Sebelumnya, dalam rangka IFG Labuan Bajo Marathon 2022, IFG juga telah menggelar kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di bidang pendidikan, sosial, dan lingkungan. Hal ini mendapat perhatian khusus dari Uskup Ruteng, Monsinyur Siprianus Hormat, Pr, yang menekankan pada pentingnya pengembangan aspek sosial budaya masyarakat Labuan Bajo.

“Keuskupan menyambut baik dan berterima kasih atas adanya rangkaian kegiatan sosial yang menjadi bagian pelaksanaan IFG Labuan Bajo Marathon 2022. Semoga kegiatan yang telah dilakukan seperti kegiatan bersih-bersih pantai dan edukasi antisampah plastik, bisa mengedukasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Labuan Bajo,” ungkapnya.

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 digelar Sabtu, 29 Oktober 2022 mendatang. Lebih dari 1.200 peserta akan berlomba di kategori Marathon (42K), Half Marathon (21K), 10K, 5K, serta lomba kelompok Ekiden (estafet 5K) dan Kids Dash 100M.

Ajang marathon ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Rangkaian kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 termasuk pemberdayaan UMKM, TJSL, dan event olah raga yang dilakukan IFG selaku BUMN Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di Labuan Bajo.

(Syarif ab – Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.