Menu Close

Hari Bakti Ke 74 PUPR, Sigap Membangun Negeri Untuk Indonesia Maju

LABUAN BAJO, Kominfomabar – Kemajuan pembangunan fisik sarana prasarana disuatu daerah tergantung Dinas PUPR.

Hal tersebut disampaikan Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dulla pada Peringatan Hari Bakti Ke 74 PUPR yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Manggarai Barat yang dirangkaikan dengan perayaan Natal dan Tahun Baru, Jumat (17/1/2020) di di halaman Kantor Dinas PUPR Kabupaten Manggarai Barat.

Menurut Bupati, saat ini Labuan Bajo sudah ditetapkan sebagai destinasi pariwisata super prioritas dan pariwisata level premium oleh pemerintah pusat.

Konsekuensi dari penetapan tersebut, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran dan proyek yang cukup besar guna kemajuan dan peningkatan kualitas infrastruktur Pariwisata di Labuan Bajo Manggarai Barat.

“Sejak tahun 2015 hingga 2020, pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran untuk kemajuan Manggarai Barat. Dan yang paling nampak pada tahun 2018-2020. Dan khusus tahun 2020 ini di alokasikan dana sebesar 1,7 triliyun rupiah, jumlah ini melebihi APBD 2 kita sebesar 1,3 triliyun rupiah,” katanya

Total anggaran tersebut lanjut Bupati Gusti sudah ada alokasinya seperti lapangan terbang, Marina, listrik, air minum bersih, jalan akses keutara, dermaga. Meskipun penyelenggaraan anggaran oleh pemerintah pusat, namun yang terpenting adalah asetnya untuk Manggarai Barat.
“Hal ini patut berterimakasih dan disyukuri oleh rakyat di daerah ini”, ungkap Bupati Gusti.

Terkait Hari Bakti Ke 74, Bupati berharap bagi seluruh keluarga besar Dinas PUPR agar menjadi indikator dan harus fokus dalam pembangunan fisik di Daerah ini. Karena Kemajuan pembangunan fisik sarana prasarana disuatu daerah tergantung Dinas PUPR.

“Saya selalu sebut Dinas PUPR dinas raksasa, kalau kinerja tidak betul dan tidak mencapai 100 porsen, ini perlu direfeleksi dan meminta agar kinerjanya ditahun 2020 akan semakin memuaskan yang diwujudkan dalam program kerja pembangunan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.” harap Bupati dua periode tersebut.

“Dan hendaknya pengalaman ditahun-tahun sebelumnya menjadi pelajaran dan bahan refleksi di tahun 2020,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Ir. Oktavianus A. Bona menjelaskan peringatan Hari Bakti PUPR ke 74 tahun 2020 mengangkat tema “Sigap Membangun Negeri Untuk Indonesia Maju” dengan Sub tema “Mewujudkan Manggarai Barat yang maju, ramah dan sejahtera”.

“Dari tema dan sub tema tersebut, Dinas PUPR Manggarai Barat berkomitmen kuat untuk siap bekerja keras dengan cerdas dan iklas, bergerak cepat, sigap dan cermat serta bertindak dengan hasil yang bermanfaat,” tegasnya

Kemudian acara misa syukur yang dipimpin Romo Kevikepan Labuan Bajo, Rikar Manggu, Pr, merupakan ungkapan rasa syukuran dan bagian dari rangkaian acara Pada moment istimewa tersebut.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kapolres Manggarai Barat, Danki Brimob, Danramil, Romo Kevikepan Labuan Bajo, Ketua Tim Penggerak PKK, sejumlah pimpinan OPD Lingkup daerah setempat dan keluarga besar Dinas PUPR Manggarai Barat. (Yustinus/Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.