Menu Close

Gubernur NTT Panen Padi Yang Ditanam Bupati Edi Endi bersama Kelompok Tani Watu Rampang

Labuan Bajo, Kominfo Mabar-Tiga bulan lalu, Kelompok Tani Watu Rampang Kelurahan Tangge Kecamatan Lembor Kabupaten Manggarai Barat Provinsi NTT, menyambut gembira menyaksikan Bupati Manggarai Barat NTT Edistasius Endi turun langsung kesawah menanam padi. Selama setahun lebih Kelompok Tani Watu Rampang tidak bisa menanam padi karna pasokan air tidak ada. Hal ini disebabkan karena adanya pengerjaan perbaikan Bendungan dan Irigasi .

“Selama ini kita mungkin diliputi rasa cemas berkurangnya stok pangan, tapi hari ini saya merubah rasa cemas itu dengan melakukan tanam padi disini. Kiranya kegitan tanam simbolis ini bisa mempercepat pemulihan ketahanan pangan di Kabupaten Manggarai Barat. Karena itu, saya meminta petani agar areal persawahan ini ditanami padi,” kata Bupati Edi bulan Januari lalu saat ikut turun ke sawah bersama Kelompok Tani Watu Rampang Kelurahan Tangge Kecamatan Lembor.

Sejak ditanam, Padi jenis Inpari 32 ini dipantau baik perkembangannya, pola pemupukan dan penegendalian hama sampai pada persiapan panen yang dilakukan oleh 25 orang petani yang tergabung dalam Sekolah Lapang (SL) Padi Tahap I Program Integrated Participatory Development and Management Of Irrigation Project (PDMP-IFAD) Kementrian Pertanian.

Untuk diketahui bahwa jenis padi yang dipanen ini adalah jenis Inbrida Padi Irigasi (Inpari) 32 yang secara simbolis ditanam oleh Bupati Manggarai Barat bersama unsur Forkopimda pada 13 Januari 2022 yang lalu dengan total luas area tanam 23,5 ha dengan sumber air Irigasi Wae Kanta Sesap dan saat ini berusia 96 Hari Setelah Tanam (HST).

Selasa (19/04), setelah berusia 96 Hari Setelah Tanam (HST),Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi NTT dan Kadis Pertanian Provinsi NTT didampingi Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE bersama Wakil Bupati dr. Yulianus Weng, M.Kes melaksanakan Panen Padi Sawah di kelompok tani Watu Rampang ini, di Kelurahan Tangge Kecamatan Lembor Manggarai Barat.

Tiba di areal sawah kelompok Tani Watu Rampang tepat pukul 16.40 Gubernur dan rombongan diterima secara Adat Manggarai oleh Tokoh Adat Gendang Malawatar berupa Tuak Curu dan Manuk Kapu kemudian diiringi Grup ronda menuju tempat acara.

Selain melaksanakan Panen Padi Sawah secara simbolik, Gubernur berdialog dengan para petani. Dalam dialog ini para petani mengusulkan sarana dan prasaranan penunjang aktivitas pertanian seperti Waduk, Saluran Irigasi, Mesin Pengering Padi dan Pengobatan. Selain itu para petani memohon dukungan Gubernur NTT untuk tenaga Penyuluh Pengendalian Hama serta pemasaran paska Panen dengan harga yang menguntungkan para Petani.

Terhadap usulan para Petani Gubernur NTT melalui para Kadisnya antara lain Kadis PU NTT dan kadis Pertanian NTT bersedia mengakomodir usulan para Petani Padi Lembor untuk dimasukan dalam Perencanaan APBD Provinsi NTT tahun 2023. Demikian juga dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, terhadap usulan para Petani akan diakomodir dalam perencanaan tahun 2023.

Bupati Mabar Edistasius Endi Menanam Padi secara Simbolis di Persawahan Lembor Januari 2022

Turut hadir mendampingi Bupati dan Wakil Bupati menyambut Gubernut NTT bersama rombongan: unsur Forkopimda Kabupaten Manggarai Barat, Wakapolres Manggarai Barat, Perwakilan Kejaksaan Negeri Manggarai Barat, Ketua DPRD Manggarai Barat Martinus Mitar dan sejumlah Anggota DPRD,

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Manggarai Barat Ir. Martinus Ban, Staf Ahli Bupati Manggarai Barat Yeremias Ontong, SP, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat Paulus Setahu, S. Sos, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Manggarai Barat Gayetanus Danggur,SP,

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Laurensius Halu, SST.Kepala dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Fatincy Reynilda, SP, Kepala Dinas Kesehatan Paulus Mami,SKM, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Stefanus Salut, S.Sos, Kepala Bagian Protokol dan Pimpinan Daerah pada Setda Kabupaten Manggarai Barat Rafael Guntur, SE, Para Camat se Kabupaten Manggarai Barat.

Kepala Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Manggarai Barat, Pimpinan Bank NTT Cabang labuan Bajo, Pimpinan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau Bulog Kantor Cabang Pembantu Labuan Bajo, Perwakilan Perusahaan Daerah Bidadari, Staf Khusus Bupati Manggarai Barat Anggalinus Gapul, SP, Danramil 1612-06 Lembor.

Dalam sepekan terakhir Gubernur Propinsi Nusa Tenggara Timur Dr. Victor Bungtilu Laiskodat,SH melakukan kunjungan kerja pada sejumlah Kabupaten di daratan Pulau Flores.

Dalam lawatannya pada sejumlah Kabupaten Manggarai Barat sebagai tempat terakhir dalam kunjungan di daratan Flores. Gubernur NTT melakukan lawatan di sejumlah Kabupaten di Daratan Flores bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi NTT dampingi Staf Khusus Gubernur dan sejumlah Kepala Dinas.
(Tian Candra/ Frumens-Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.