Menu Close

DIRJEN KEMENRISTEKDIKTI MERESMIKAN KAMPUS POLITEKNIK ELBAJO COMMODUS

LABUAN BAJO – Peresmian Kampus Politeknik elBajo Commodus oleh Dirjen Kemenristekdikti RI Dr. Ir Patdono Suwignjo M. English.Sc di Kampus Politeknik elBajo Commodus Labuan Bajo, Kampung Lancang Kel. Wae Kelambu Kec. Komodo Kab. Manggarai Barat berjalan lancar dan penuh khitmat, Jumat (1/3/2019).

Politeknik elBajo Commodus dirancang untuk menghasilkan sarjana terapan yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang perhotelan di tingkat manajerial, berwawasan internasional, dan mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan terkait industri perhotelan dunia. Adapun program bidang studi yang diselenggarakan adalah Sarjana Terapan (D4) pengelolaan perhotelan, D3 perhotelan dan D3 ekowisata.

Peresmian kampus Politeknik elBajo Comodus diawali dengan sambutan dan sekaligus kuliah umum oleh Dirjen Kemenristekdikti RI, Dr. Ir Patdono Suwignjo M. English.Sc menyampaikan bahwa, Pembangunan Politeknik di Indonesia ini masih minim dan ditambah dengan minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik masih sangat kurang. Masyarakat kita sekitar 60% lebih memilih melanjutkan pendidikan ke Universitas hanya untuk mengejar gelar akademik yang di desain untuk menjadi peneliti dibandingkan melanjutkan pendidikan di Politeknik yang di desain untuk keterampilan. Padahal hampir semua negara yang industri maupun ekonominya maju, jumlah Politeknik lebih banyak dibandingkan dengan Universitas dan didukung oleh 60% minat masyarakatnya melanjutkan pendidikan di Politeknik.

“Menteri Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia mengucapkan banyak terima kasih atas komitmen Ibu Noviana Halim sekeluarga di Yayasan Bangkit Anak Negeri atas terbangunnya perguruan tinggi Kampus Politeknik elBajo Commodus di Labuan Bajo ini sebagai upaya dalam mencerdaskan bangsa melalui pendidikan” katanya.

“akhir Februari lalu stafsus menteri mengawal revitalisasi pendidikan fokasi (politeknik) dengan mengirim 105 mahasiswa lulusan D2 dan D3 lulusan Politeknik Indonesia untuk melanjutkan kuliah di Taiwan yang kemudian akan kita undang ke Labuan Bajo untuk melihat bagaimana geliat Kepariwisataan disini. Pungkas dirjen” pungkas Dirjen.

Selanjutnya sambutan dan kuliah umum dari koordinator Koperasi Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Asahan, M. Si menyampaikan bahwa Pada prinsipnya kehadiran Politeknik elBajo Commodus di labuan bajo ini seperti sorga dunia yang mampu mendobrak dunia Pariwisata.

“Kemajuan Politeknik elBajo Commodus harus dibantu dan dijaga secara bersama-sama dengan cara mendahulukan putra dan putri daerah untuk menuntut ilmu”. Katanya.

Ibu Novia Halim selaku ketua Yayasan Bangkit Anak Negeri memberikan sambutan dengan Mengucapkan terima kasih banyak kepada keluarga, bapak Dirjen, seluruh lapisan masyarakat dan bpk. Bupati atas dukungan yg sebesar-besarnya atas terbangunnya Kampus Politeknik elBajo Commodus.

” Kampus Politeknik elBajo Commodus siap memberikan yang terbaik bagi anak-anak Manggarai Barat agar bisa bersaing dan siap di tempatkan dimana saja sesuai dengan kemampuan dan jurusannya masing-masing. Gedung elBajo Commodus adalah Gedung Bhineka Tunggal Ika, tidak mengenal ras, agama, suku dan lain-lain. Kita disini semua sama, walaupun berbeda-beda tetap satu, siapapun yang ingin menuntut ilmu, Politeknik elBajo Commodus siap memberikan yang terbaik bagi anak-anak bangsa”. Katanya

“kedepan bapak dirjen mohon ijin kami berkeinginan untuk menambah 2 program studi yaitu Teknik Informatika (TI) dan manajemen perpajakan, produk ini sebagai upaya menjawab kebutuhan di Labuan Bajo kedepan”. Pungkasnya.

Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula dalam sambutannya menyampaikan terima kasih banyak kepada bpk. Dirjen yang telah memberikan ijin untuk membangun Kampus Politeknik elBajo Commodus ini. Menjadi sebuah kebanggaan bagi kami akan keberadaan Kampus Politeknik elBajo Comodus di daerah ini.

” Dengan kehadiran Politeknik elBajo Commodus ini bisa menyaingi industri pariwisata dunia. Secara jangka panjang sangat berguna dan berkualitas bagi masyarakat Labuan Bajo Khususnya Kabupaten Manggarai Barat ini” pungkas bupati Gusti.

Penandatanganan Prasasti yang oleh Dirjen Kemenristekdikti RI Prof. Dr. Ir Patdono Suwignjo M. English.Sc dan didampingi oleh Bupati Manggarai Barat, Koordinator Kopertis Wilayah VIII, Keluarga Yayasan Bangkit Anak Negeri menjadi puncak dari acara peresmian kampus elBajo Commodus.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Manggarai Barat. Drs. Agustinus Ch Dula, Dirjen Kemenristekdikti RI Dr. Ir Patdono Suwignjo M. English.Sc, Koordinator Kopertis Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawan. M. Si, Rombongan Staf ahli Kementrian, Sekda Manggarai Barat, Forkompimda, pimpinan OPD lingkup Kab. Manggarai Barat, Ketua Yayasan Bangkit anak Negeriku, tokoh masyarakat, siswa/ siswi, dan mahasiswa Politeknik elBajo.
Acara diakhiri dengan makan malam bersama. (Syarif ab) **

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published.