Menu Close

Dinas Kominfo Mabar Latih Admin OPD Kelola Website

Labuan Bajo, Kominfo Mabar-Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) menggelar pelatihan bagi pengelola laman website dan jaringan milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Manggarai Barat.

Pelatihan ini dilaksanakan di Dinas Kominfo Manggarai Barat, Senin (31/10) diikuti oleh seluruh admin dari 38 OPD yang ada dilingkup pemkab Manggarai Barat. Pelatihan ini dilakukan agar pengelolaan website di beberapa OPD yang belum maksimal, sehingga dalam menyampaikan konten atau informasi kegiatan selalu update.

Hal ini harus dilakukan karena keberadaan website sangat membantu diseminasi (Penyebarluasan) berbagai informasi terkait berbagai kebijakan pemerintah.

“Pelatihan ini dilaksanakan agar admin subdomain website OPD memiliki keahlian dan kemampuan dalam mengelola situs websitenya secara menarik, berkualitas, kreatif, dan inovatif,” kata Kadis Kominfo Paulus Setahu saat membuka kegiatan itu.

Kadis Paulus Setahu berharap, admin website masing-masing OPD dapat mengelola konten subdomain OPD nya secara mandiri baik untuk publikasi kegiatan, informasi layanan dan kegiatan pelayanan yang ada di OPD masing-masing untuk diinformasikan kepada masyarakat.

Melalui kegiatan ini SDM admin sub domain OPD semakin mumpuni.
Tersedianya integrasi data yang antara admin domain dan sub domain website induk Manggarai
Barat .

Adapun hasil yang ingin di capai melalui pelatihan ini yakni, tata kelola data dan informasi pemerintah kabupaten Majnggarai Barat yang akurat terpadu, dapat dipertanggungjawabkan melalui media website induk Manggarai Barat dan website OPD.

“Selain itu, juga tersedianya data terkait pemberitaan dan informasi yang benar melalui website Manggarai Barat dan website OPD,” jelas Kadis Kominfo Paulus Setahu.

Sementara itu, Kepala Bidang Layanan Tata Kelola Aplikasi dan Informatika,Tarsisius Cai mengatakan, pelatihan ini berlangsung selama 31 Oktober hingga 1 November 2022 di kantor Kominfo Manggarai Barat .

dijelaskannya, para peserta dibekali dengan beberapa materi. Antara lain, kebijakan Pembangunan TIK di Kabupaten Manggarai Barat, dengan pemateri Kadis Kominfo Paulus Setahu .

Materi Tata Kelola Website Pemerintah disampaikan oleh Sekretaris Dinkominfo Kartini Tulus serta Gambaran umum Infrastruktur Jaringan Internet oleh Kepala Bidang Tata Kelola Aplikasi dan Informatika,Tarsisius Cai.

“Melalui pelatihan ini, kami melatih cara membuat konten yang baik. Sehingga peserta bisa lebih memahami jika terjadi kendala seperti jaringan yang rusak, mereka bisa cepat tangani secara mandiri dan tidak lagi harus ke Dinkominfo,” kata Tarsi Cai .

Dirinya berharap, SDM admin pengelola website ini mampu membuat pengelolaan konten website di lingkungan OPD Pemkab Manggarai Barat ini secara optimal.

Menurutnya, pengelolaan website milik OPD ini terkadang kurang aktif menginput, maupun mengupdate informasi kegiatan-kegiatan maupun program kerjanya.

Ditambahkannya, para admin masih kesulitan membuat tulisan pada bagian paragraf pembuka. Namun, hal ini akan bisa diantisipasi, jika hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan untuk membuat caption atau menulis informasi pendek namun jelas, tentu hal itu akan menjadi mudah dipraktekkan.

“Hari ini yang ingin kami sampaikan kepada para admin website OPD adalah selain mereka merasa memiliki pekerjaan rutinitas  selaku pengelola website, maka mereka juga harus menulis informasi yang akan diupload di masing-masing website OPD tersebut,” pungkasnya.

(Hans-Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.