Menu Close

Bupati Mabar, Serahkan Hewan Qurban Bagi Warga Muslim di Lembor Selatan

Labuan Bajo, Kominfomabar – Memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 H tahun 2021 tanggal 20 Juli 2021, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) menyerahkan hewan qurban bagi umat Muslim di empat Masjid di empat desa di Kabupaten Manggarai Barat.
Penyerahan hewan kurban berupa satu ekor sapi oleh Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi,SE di Masjid Al-Mutaqin Kampung Palis, desa Nangga Lili, Kecamatan Lembor Selatan dan dampingi Kepala Dinas Peternakan Kabuaten Manggarai Barat drh. Maria N. Asmon, Camat bersama Muspicam Lembor Selatan, staf bagian Kesra Setda Manggarai Barat, Selasa (20/07)
Sebelum penyerahan hewan kurban tetua adat Palis menerima Bupati Mabar bersama rombongan dengan manuk kapu di halaman Masjid Al Mutaqin kampung Palis.
Ketua Panitia Idul Adha Masjid Al Mutaqin, desa persiapan Wae Jamal Nangalili Hamsidin di hadapan Bupati Edi Endi dan warga mengungkapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, karena Bupati Mabar bisa hadir di Masjid Al Mutaqin Palis saat perayaan hari raya idul Adha tahun ini
“Baru kali ini Bupati hadir di tempat ini” ujar Hamsidin
Warga menyampaikan rasa terharu, karena Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menyerahkan satu ekor sapi bagi umat Muslim di Masjid Al Mutaqin saat idul Adha 1442 H tahun ini yang akan di salurkan kepada sekitar dua ratusan kk di Masjid tersebut.
Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE dalam kesempatan itu mengungkapkan, setelah dirinya di lantik menjadi Bupati sejak 26 Februari 2021, baru dua tempat yang telah di kunjungi. Kunjungan ke kampung Palis merupakan tempat yang kedua dan sebelumnya di kampung Nunang Kecamatan Sanonggoang
Bupati Mabar yang biasa disapa Edi Endi mengatakan ada kerinduan untuk mengunjungi semua kampung di Manggarai Barat, Namun karena situasi covids-19, belum bisa di lakukan.
Diakuinya, hari ini hari raya idul adha, uang di maknai sebagai hari qorban. Dalam konteks sebagai hari ibadah umat muslim mulai dari palis dan seluruh umat muslim seluruh dunia, kita persembahkan secara total kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar pandemi covids 19, cepat berakhir
“Dengan momen Idul Adha, kita harus selalu berusaha untuk merefleksikan berusaha untuk mendekatkann diri kepada Tuhan dan mendoakan agar pandemi Civids 19 cepat berlalu dari kehidupan kita,agar kita bisa kembali untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara kita” ujar Bupati Edi Endi
Bupati Edi Endi, berharap dan meminta segenap umat muslim di Palis, untuk taat mengikuti Protokol Kesehatan yang di tetapkan oleh Pemerintah, dengan taat mengikuti protokol kesehatan merupakan bagian dari korban juga,katanya//
“Ketaatan kita mengikuti protokol kesehatan, nerupakan bagian dari qurban ini demi keselamatan diri kita sendiri maupun sesama. Karena, sebaik apapun obat yang di siapkan untuk menangkal covids-19, tetapi kalau kita tidak mengikuti dan mentaati protokol kesehatan, semua sia sia” ucapnya
Edi Endi menjelaskan bahwa pandemi Covids 19 telah meluluhlantakan seluruh sektor perekonomian dan pembangunan dan di harapkan dari kondisi ini kita harus bangkit supaya kita tidak hancur, ujar Mantan Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat itu.
“Saya berharap kepada imam mesjid, untuk meyakinkan umat kita. Neka kembelis (jangam masa bodoh-red dalam bahasa setempat) menggunakan prokes, sehingga cita cita kemajuan dan kesejahteraan bisa di raih,” harap bupati bumi Komodo tersebut.
Dalam kesempatan itu Bupati Edi Endi juga berjanji kepada umat muslim di Masjid Mutaqin Palis, bahwa Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat akan memberikan bantuan sebesar Rp 20 juta, untuk merehap bangunan masjid, dan meminta Imam masjid untuk segera mengajukan proposal.
Selain di Masjid Al-Muttaqin Kampung Palis, desa Nanga Lili, Kecamatan Lembor Selatan, penyerahan Hewan Qurban juga dilakukan di Masjid Uswatun Hasanah Dusun Lemes Desa Macang Tanggar Kecamatan Komodo oleh Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng didampingi Asisten II Marten Ban dan Camat Komodo Imran.
Kemudian di masjid Babu Salam Bambor Kecamatan Mbeliling oleh Ketua DPRD Mabar Martinus Mitar dan di Masjid Jahidul Akbar Pulau Mesa Desa Pasir Putih Kecamatan Komodo oleh Kabag Kesra David Rego.
( Kristian/Edwin/frumen)

Leave a Reply

Your email address will not be published.