Menu Close

Bupati Mabar Resmikan Pengoperasian Kapal Bantuan Kemenhub

KOMINFO MABAR; 01 Maret 2021 Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE didampingi Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng M.Kes meresmikan Pengoperasian kapal KM. Gandha Nusantara 20 yang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan, Senin (01/03) di Pelabuhan Pelni Labuan Bajo Manggarai Barat.
Bantuan moda transportasi laut kapal Gandha Nusantara 20 dari kementerian Perhubungan ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat dan Destinasi Periwisata Super Prioritas dan Destinasi Super Premium Labuan Bajo.
Bupati Edustasius Endi dalam sambutannya mengatakan Pemerintah pusat telah menetapkan Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super prioritas dan destinasi wisata premium. Predikat tersebut menunjukkan bahwa Manggarai Barat memiliki peran yang strategis dan memiliki potensi yang luar biasa.
“Perhatian pemerintah pusat tersebut telah diwujudkan melalui beberapa pembangunan infrasutruktur dan fasilitas pendukung pariwisata baik yang telah, sedang maupun yang akan dilaksanakan di daerah ini,” ungkapnya
Dijelaskannya, Manggarai Barat adalah kabupaten yang terdiri dari pulau-pulau, memiliki wilayah perairan laut yang lebih luas dari wilayah daratan.
“salah satu bentuk dari perhatian pemerintah pusat kepada saat ini adalah menyiapkan satu unit kapal Rede Gandha Nusantara 20 dan menugaskan kepada PT. Pelni untuk mengoperasikan kapal Rede tersebut diwilayah perairan Manggarai Barat,” jelas Bupati Edustasius Endi
Bupati Edistasius berharap kehadiran kapal Gandha Nusantara 20 dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pesisir dan kepulauan sehingga mobilitas dan aksesibilitas masyarakat semakin mudah.
“Kami berharap agar PT. Pelni Persero Cabang Labuan Bajo dapat melaksanakan tanggung jawab ini dengan baik melalui kolaborasi dan sinergitas dengan pihak-pihak terkait yang ada di daerah ini,” harapnya
Pada tahap ini lanjut Bupati Edistasius Endi kapal ini akan melayani rute pelayaran Labuan Bajo menuju pulau Rinca dan Pulau Messa. Pada saatnya nanti kita akan melakukan evaluasi untuk beberapa rute lainnya.
“Untuk itu diharapkan dinas terkait dalam hal ini dinas perhubungan Manggarai Barat dan kantor unit penyelenggara pelabuhan labuan Bajo serta PT. Pelni cabang labuan Bajo terus melakukan diskusi dannkajian sehingga beberapa rute pelayaran lainnya dapat dilayani oleh kapal sejenis atau yang lainnya,” tegas bupati Maba.
Bupati Edistasius Endi menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada pemerintah pusat dalam hal ini kementerian perhubungan cq. Ditjen Perhubungan laut dan OT. Pelni Persero atas segala kebaikannya sehingga berkenan mengoperasikan satu unit kapal Rede untuk melayani masyarakat yang ada di daerah ini.
Diakhir sambutannya Bupati berharap agar pemerintah daerah bersama masyarakat Manggarai Barat saling bergandengan tangan dan bergotong royong dalam membangun Mabar, mengejar ketertinggalan, serta mewujudkan kemakmuran di Manggarai Barat.
Hadir dalam acara ini pimpinan forum komunikasi pimpinan daerah (FORKOPIMDA) Kajari Manggarai Barat Bambang Dwi, Ketua DPRD Mabar Martinus Mitar, Dandim 1612 Manggarai, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Martinus Ban.
Perwakilan Kapolres Manggarai Barat, beberapa anggota DPRD Mabar, Direktur lalulintas dan angkutan laut Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI, Direktur Usaha Angkutan Laut PT. Pelni, Pimpinan UPP/Syahbandar Labuan Bajo.
(Mckabmanggaraibarat/Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.