Menu Close

Bupati Mabar Prioritaskan Bangun Jalan dan Jembatan

 

Dalam sambutan pada Peringatan HUT Kabupaten Manggarai Barat ke-19 Tahun 2022, beberapa hal diungkapkan Bupati Mabar, Edistasius Endi, SE. Diantaranya Bupati menyampaikan capaian-capaian yang sudah ditorehkan. Dikatakan Bupati, walau Rentang waktu sembilas belas tahun usia Kabupaten Manggarai Barat yang masih sangat muda, namun telah menorehkan sejarah yang terwariskan, yang sekarang dinikmati.

Seperti penobatan komodo sebagai the new seven wonder,  sukses menyelenggarakan even sail  komodo, tour the Flores, dan mengamankan kegiatan pertemuan para polwan sedunia. Berbagai even regional, nasional dan internasional telah kita lalui.

Tahun ini bahkan akan dilaksanakan pertemuan bertaraf internasional side event G20 dan Asean Summit 2023. Manggarai Barat “yang muda” itu terus menancapkan eksistensinya sebagai daerah yang terus maju dan dikenal dunia.

Bupati Manggarai Barat mengajak seluruh pihak bertugas merawat semua hal yang sudah diraih oleh jasa-jasa pendahulu dengan baik, melestarikannya, dan terus meningkatkan  capaian-capaian yang sudah ditorehkan. Termasuk memenuhi dan meningkatkan ketersediaan infrastruktur jalan dan jembatan, khususnya pada daerah-daerah yang menjadi sentra produksi pertanian, peternakan, perikanan dan pariwisata

Oleh karena itu, Bupati Manggarai Barat NTT Edistasius Endi ,berkomitmen untuk memenuhi ketersediaan infrastruktur jalan dan jembatan, khususnya pada daerah-daerah yang menjadi sentra produksi pertanian, peternakan, perikanan dan pariwisata.

Prinsip utama dari penyediaan infrastruktur adalah pembangunan yang menyeluruh, tuntas dan tidak boleh setengah-setengah sehingga tercipta daya ungkit yang berarti bagi kemajuan ekonomi masyarakat.

“Di bawah kepemimpinan saya bersama dr. Yulianus Weng, M.Kes, kami berkomitmen untuk memenuhi ketersediaan infrastruktur  tersebut,” Kata Bupati Edi saat menjadi Inspektur upacara  pada acara Ulang Tahun Kabupaten Manggarai Barat yang ke-19, di halaman Kantor Bupati,Jumat (25/2/2022).

Dikatakanya, untuk membangun infrastruktur jalan dan jembatan, tidak cukup mengandalkan APBD yang sangat terbatas . Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat membutuhkan sumber pendanaan lain melalui pinjaman daerah.

Ia menjelaskan, pinjaman daerah merupakan suatu keniscayaan untuk investasi infrastruktur, sebagai tindakan mengakselerasi pembangunan. Tentu saja pola ini  telah dilakukan secara matang dan diperhitungkan dengan baik. Terutama dari segi manfaat serta  pengembaliannya.

Karena situasi PPKM level 3, Peringatan HUT Manggarai Barat tahun ini dilaksanakan dengan sangat sederhana dan tidak melibatkan banyak pihak. Untuk diketahui, Tanggal 25 Pebruari 2003 merupakan hari besejarah sehingga layak diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Manggarai Barat NTT. Beberapa peristiwa penting terkait pembentukan kabupaten Manggarai Barat, diantaranya pertama sidang paripurna DPR/MPR RI tanggal 27 januari 2003 telah mengesahkan beberapa rancangan undang-undang pemekaran kabupaten/ kota.

Tanggal 25 Februari 2003 lahirlah Undang-Undang no 8 Tahun 2003 yang di tetapkan oleh DPR/MPR RI secara administratif di berikan penomoran dan di tanda tangani oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Selanjutnya 17 juli 2003 Mendagri  Hari sabarno meresmikan Kabupaten Manggarai Barat di Labuan Bajo.

Meskipun penetapan di lakukan oleh DPR RI pada tanggal 27 Januari, UU pembentukan Kabupaten baru berkekuatan hukum setelah disahkan  Presiden pada tanggal 25 Februari untuk selanjutnya di resmikan Mendagri tanggal  17 Juli di Labuan Bajo.Ketiga tanggal tersebut merupakan peristiwa penting dan pelaku penting diantaranya DPR, Presiden dan Mendageri yang saling berkaitan.

Selanjutnya, melalui proses pembahasan resmi dengan DPRD Manggarai Barat, maka lahirlah Perda Nomor 1 tahun 2012 tentang hari jadi Kabupaten Manggarai Barat.

Perda ini bertujuan untuk menunjukkan rasa cinta kita terhadap Kabupaten Manggarai Barat serta menjadi dasar dalam melakukan peringatan hari ulang tahun setiap tahunnya.

Penetapan hari bersejarah ini untuk menghargai nilai-nilai perjuangan pembentukan Kabupaten Manggarai Barat serta penyelenggaraan tertib administrasi pemerintahan dan terjaminya identitas daerah.”25 Pebruari 2003″ merupakan hari besejarah sehingga layak diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Manggarai Barat NTT.

(Tim- IKP Kominfo Mabar)**

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.