Menu Close

Bupati Mabar: Pelatihan Digital Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas UMKM

Labuan Bajo, Kominfo Mabar- Bupati Manggarai Barat NTT Edistasius Endi, SE mengatakan, pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) adalah upaya Pemerintah, baik Pusat dan Daerah untuk meningkatkan kualitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Manggarai Barat.

Dengan meningkatnya kualitas, menurut Bupati akan mendorong UMKM lebih siap dan mampu menghadapi persaingan ekonomi dan tantangan, terutama di masa pandemi Covid 19.

Hal ini disampaikan Bupati Mabar, Jumat (04/02) dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kadis Kominfo Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Setahu, S.Sos, yang juga mewakili Bupati Manggarai Barat membuka kegiatan ini secara resmi di Aula Hotel Jayakarta Labuan Bajo.

Lebih lanjut Bupati menegaskan Pemerintah berupaya menyiapkan UMKM agar mampu memanfaatkan teknologi digital dan masuk kedalam bisnis digital. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan UMKM yang tercermin dalam Visi “Mabar Bangkit Menuju Mabar Mantap”.

Bupati Edi juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kominfo melalui Balai Besar Pengembangan SDM
dan Penelitian Kominfo Makassar (BBPSDMP), yang telah membantu
Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam mewujudkan UMKM yang digital dan memiliki daya saing bisnis melalui
Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy.

Kepala Balai Besar Pengembangan SDM Kominfo Makassar Dr. R. M. Agung Harimurti, M.Kom, melalui pejabat yang mewakili BBPSDMP Makasar, Emilsyah Nur, S.Sos., M.I.Kom di Labuan Bajo menjelaskan, Pelatihan Digital Entrepreunership Academy ini terselenggara berkat kerjasama antara Balai Besar Pengembangan SDM Kominfo Makassar dengan Pemerintah Daerah Kab.Manggarai Barat melalui Dinas Kominfo dan Dinas Nakertrans Koperasi dan UMKM Kabupaten Manggarai Barat.

Dijelaskannya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo untuk mengembangkan program pembangunan SDM bagi Industri UMKM, agar memiliki pengetahuan berwirausaha secara digital.

“Semangat yang dibawa adalah senantiasa terus belajar guna meningkatkan daya saing ekonomi utamanya di masa pandemic ini. Dan dalam target pelatihan ini para peserta akan diajarkan bagaimana memperluas akses permodalan melalui pengelolaan keuangan secara digital”, ungkapnya.

Untuk diketahui Penyelenggaraan Program DEA ini meliputi kegiatan pelatihan intensif selama 2 (dua) hari yang dibagi menjadi 13 jam pelajaran. Dengan sasaran mendorong dan membekali peserta pemula di bidang wirausaha digital. Terutama yang memiliki ide atau pada tahap awal menjalankan bisnis agar memiliki keterampilan untuk dapat masuk/ mengadopsi/ mengoptimalkan ide/ bisnisnya ke bisnis digital dengan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk dapat bersaing di dalam era revolusi industri.

Fokus kegiatan pelatihan ini adalah pengembangan karakter wirausaha, ide dan produk bisnis untuk pewirausaha digital pemula. Pesertanya yang berjumlah 180 orang berasal dari desa-desa dan kelurahan di 12 Kecamatan se-Kabupaten Manggarai Barat yang telah mendaftar melalui Dinas Nakertrans Koperasi dan UKM Mabar.

Narasumber dan Instruktur Pelatihan ini terdiri dari: Intruktur BRI, Pemerintah Kab.Manggarai Barat, Akademisi dan BUMD. Pada sesi pertama Narasumber adalah Kepala Dinas Kominfo Manggarai Barat, Paulus Setahu, S.Sos
Dan Kepala Dinas Nakertrans Koperasi dan UMKM, drh Theresia P. Asmon.

Hadir dalam Acara pembukaan Sekretaris Dinas Kominfo Mabar, Hildegunda Kartini Tulus,ST, Sekretaris Dinas Nakertrans Koperasi dan UMKM,, Marsel S. Ngarung, Kabid Data dan Statistik Sektoral Kominfo Mabar, Alfonsa L.H.Ndagu dan Kabid IKP Kominfo Theo Landi, S.Sos**

(Tim IKP Kominfo Mabar)

 

 

 

 

1 Comment

  1. Lasarus venansius wanda (Venan)

    Tolong masukan saya ke email resmi transnaker labuan bajo.
    Salam hormat

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.