Menu Close

Bupati Mabar Lantik Empat Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Labuan Bajo, Kominfo Mabar- Bupati Manggarai Barat Provinsi NTT, Edistasius Endi melantik 4 (Empat) Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II). Lingkup Pemkab Manggarai Barat, Selasa (22/3/2022)

Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama tersebut yakni, Ir. Fransiskus Partono dilantik menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Jabatan sebelumnya Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Ahli Madya Inspektorat.

Laurensius Halu, SST menjadi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan. Sebelumnya sebagai sekretaris pada instansi tersebut .

Tarsisius Gonsa, ST, sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah sebelumnya tercatat sebagai Sekretaris Dinas Cipta Karya , Sumber Daya Air dan Tata Ruang .

Fatincy Reynilda, SP  menduduki posisi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan. Sebelumnya sebagai Sekretaris Inspektorat.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, mengatakan, pelantikan ini merupakan bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

Pengembangan karier pegawai diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi, meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik agar tetap berjalan dengan baik. Terrutama dalam kaitannya dengan kegiatan prioritas pembangunan.

“Momentum pelantikan ini menjadi semangat baru dalam penataan aktivitas pemerintahan ke arah yang lebih baik,” kata Bupati Edi saat pelantikan empat Pejabat Tinggi Pratama jajaran Pemkab Mabar yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Manggarai  Barat.

Bupati Edistasius Endi mengingatkan, pejabat yang dilantik agar memahami Visi- Misi Bupati serta menjabarkannya dalam tupoksi masing- masing .

Bupati berhatap, para Pejabat yang dilantik, mampu beradaptasi dengan tugas jabatan di lingkungan kerja yang baru, serta menjadikan pengalaman dalam jabatan sebelumnya sebagai sarana instrospeksi dan evaluasi peningkatan kinerja dimasa yang akan datang.

Harus mampu menciptakan situasi kerja yang kondusif sehingga semua pegawai termotivasi untuk menyelesaikan tugas dengan baik .

“Harus mampu membuat kebijakan- kebijakan dan menciptakan perubahan- perubahan yang dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap organisasi yang dipimpin”, tegas Bupati.

Sebagai kabupaten yang sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai daerah Destinasi Pariwisata Super Prioritas, pejabat yang dilantik sejatinya harus senantiasa mencermati dinamika dan perkembangan teknologi terbaru.

“ASN harus profesional dalam mewujudkan smart ASN melalui adaptasi terhadap teknologi agar kinerja pelayanan lebih cepat,akurat dan efisien,” tambahnya .

Ia mengharapkan, supaya pejabat yang baru dilantik bisa menunjukan dedikasi, loyalitas dan kinerja yang tinggi.

Bagi pejabat yang menduduki eselon II, Bupati akan melakukan evaluasi kinerja secara berkala sesuai ketentuan pada ” Sistem Merit” yang menitikberatkan pada kualifikasi, kompetensi serta kinerja sebagai pertimbangan utama dalam pengembangan dan penataan karier pegawai .

Turut dilantik , 18 (Delapan Belas) Pejabat Administrator serta Pejabat Pengawas Lingkup Pemkap Mabar.

Hadir pada acara pelantikan tersebut,Wakil Bupati Yulianus Weng, Ketua DPRD Martinus Mitar, Wakil ketua DPRD Marselinus Jeramun. Serta para pimpinan OPD Lingkungan pemerintah Kabupaten Manggarai Barat .**

(Hans-Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.