Menu Close

Bupati Mabar Dampingi Menteri LHK Dalam Forum Indonesia’s Folu Net Sink 2030

Loading

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat. Menteri Siti Nurbaya berada di Labuan Bajo sejak Selasa (31/01) hingga Kamis (02/02), sebagaimana terlihat dalam jadwal kunjungan.

Salah satu agenda yang dijadwalkan dalam kenjungan kerja Menteri Siti Nurbaya ini adalah Kick Off Sosialisasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030. Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di ball room Hotel Meruorah itu berlangsung pada Rabu (01/02) pagi. Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE terlihat setia mendampingi Menteri Siti Nurbaya dalam setiap momen kegiatan tersebut.

Sebelum membuka kegiatan Kick Off Sosialisasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, Menteri Susi mengunjungi stand pameran foto kegiatan FOLU (Forest and Other Land Uses) di NTT dan produk-produk UMKM binaan LHK NTT.

Saat melakukan kunjungan ke stand pameran foto, Menteri Siti Nurbaya mendapat penjelasan dari masing-masing pihak yang mewakili Taman Nasional di wilayah NTT, terkait foto-foto yang dipamerkan. Perwakilan dari Taman Nasional Komodo Kabupaten Manggarai Barat Iqbal, misalnya, memberikan penjelasan kepada Menteri Siti terkait sejumlah foto yang dipamerkan yang diambil dari sejumlah spot dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Selain memberi penjelasan tentang foto, perwakilan dari TN Komodo Iqbal juga menjelaskan tentang alur operasi pengawasan di TN Komodo baik di darat maupun laut.

Saat ditanya mengenai anggaran operasional pengawasan, dengan lugunya Iqbal menjawab sebisanya. Iqbal mengeluhkan tentang terbatasnya anggaran pengawasan. Akhibat keterbatasan anggaran, pengawasan tidak bisa setiap hari menjangkau seluruh wilayah kawasan Taman Nasional Komodo, namun Pengawasan dilakukan secara periodik.

“Kami menghabiskan anggaran sekitar 1 Millyard untuk jangka waktu 1 tahun. Anggaran sebanyak itu semuanya dimanfaatkan untuk operasional tim patroli. Kami berterima kasih jika anggaran untuk patroli pengawasan ini ditambah, Bu Menteri. Sebab, 1 Millyar itu masih kurang,” jelas Iqbal.

Demikian juga dengan perwakilan dari Taman Nasional lainnya yang berada dalam wilayah NTT. Masing-masing memberikan penjelasan kepada Menteri Siti Nurbaya tentang foto-foto yang dipamerkan.

Usai mengunjungi stand pameran foto, Menteri Siti Nurbaya mengunjungi stand pameran produk-produk UMKM hasil binaan LHK NTT.

Selanjutnya, Menteri Susi menuju ball room Hotel Meruorah untuk memberikan sambutan dan arahan pembukaan kegiatan Kick Off Sosialisasi dan Workshop Indonesia’s Folu Net Sink 2030. Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, tetap setia mendampingi. Demikian juga dengan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat.

(*-Tim IKP Kominfo Mabar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *