Menu Close

Bupati Mabar Dampingi Menkes Resmikan Gedung Wing Internasional RSUD Komodo

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Wakil Bupati Yulianus Weng mendampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Azhar Jaya meninjau secara langsung pembangunan RSUD Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat pada Jumat (23/12).

Kunjungan Menkes RI ke Labuan Bajo dalam rangka meresmikan gedung Wing Internasional sekaligus memastikan progres pembangunan rumah sakit berjalan dengan baik sesuai dengan target yang ditentukan. Sehingga diharapkan bisa segera digunakan untuk melayani masyarakat khususnya masyarakat di wilayah Manggarai Barat, NTT.

Menkes menjelaskan selain untuk memeratakan akses layanan kesehatan, pembangunan RSUD Komodo dipersiapkan secara khusus untuk mendukung pengembangan Labuan Bajo sebagai satu dari lima lokus Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Karenanya RSUD Komodo akan dilengkapi dengan fasilitas pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berstandar internasional meliputi pelayanan rawat jalan, rawat inap, layanan unit kritikal (ICU, NICU, PICU), layanan gawat darurat, ruang operasi, serta layanan penunjang berupa laboratorium, radiologi, dan apotek.

Menkes menuturkan bahwa pembangunan RSUD Komodo merupakan salah satu agenda prioritas dalam transformasi layanan kesehatan rujukan yang saat ini tengah dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Disebutkan pembangunan sarana kesehatan bertujuan untuk memudahkan akses masyarakat sekaligus memeratakan layanan kesehatan khususnya untuk 4 layanan prioritas. Yaitu jantung, stroke, kanker dan ginjal yang menjadi beban pembiayaan kesehatan.

“Kita memang ingin memeratakan layanan untuk penyakit katastropik yang paling banyak korbannya ke 516 kabupaten/kota. Kenapa kita ingin ratakan, karena orang yang menderita penyakit katastropik ini, harus mendapatkan penanganan yang cepat.Sehingga kita ingin mendekatkan akses layanan terkait di daerah,” kata Menkes.

Dengan demikian, hal ini diharapkan mampu memangkas waktu tunggu dan jarak pasien dalam mendapatkan penanganan terhadap empat penyakit prioritas tersebut.

Pada hari yang sama Menkes Budi Gunadi Sadikin dan rombongan didampingi Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE – dr. Yulianus Weng, M.Kes melanjutkan agenda kunjungan ke Kantor baru KKP di depan kantor DPRD Manggarai Barat, Padang SMIP Labuan Bajo.

Kemudian Menteri Gunadi Sadikin dan rombongan mengunjungi Puskesmas Labuan Bajo. Dalam kunjungan di Puskesmas Labuan Bajo, Menkes melihat langsung ruangan Laboratorium, ruangan obat, ruangan UGD dan fasilitas kesehatan lainnya.

Turut mendampingi Kadis Kesehatan Paulus Mami, Sekretaris Adrianus Ojo, Kepala Puskesmas Labuan Bajo dan tenaga kesehatan puskesmas.

(Tian/Syarif ab – Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *