Menu Close

Bupati Gusti Dula “Sektor Pariwisata Mabar Dongkrak Ekonomi Masyarakat”

GOLO WELU, Kominfomabar – Laju pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama yang berkaitan dengan pariwisata seperti jasa akomodasi dan restoran mengalami kenaikan.Data BPS tahun 2019 dari sektor tersier pariwisata yakni 11,98% ditahun 2016 menjadi 12,58% di tahun 2018. Sektor tersier ini memperlihatkan bahwa pariwisata adalah potensi ke depan, walaupun posturnya belum mampu secara maksimal mendorong sektor -sektor lain.

” jika dikelola dengan baik dengan prinsip terintegrasi dengan sektor sektor lain, maka pariwisata akan menjadi lokomotif terbesar perekonomian di tahun tahun mendatang,” kata Bupati Gusti Dula dalam sambutan tertulis yang di bacakan Camat Kuwus Fransiskus Male,saat Musrenbangcam Kuwus di Golo Welu,Kamis (5/3/2020).

Musrenbang RKPD tahun rencana 2021 mengangkat tema “Membangun SDM dan Dunia Pariwisata yang Berkelanjutan untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat”.

Menurut Bupati Gusti Dula,tema ini mengisyaratkan bahwa dalam tahapan pembangunan di tahun rencana 2021 sasaran prioritas diarahkan pada usaha meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pengembangan SDM dan sektor pariwisata sebagai lokomotif utamanya,ujarnya.

Pada kesempatan yang sama,Wakil Ketua DPRD Manggarai Barat Marselinus Jeramun mengatakan, masyarakat hendaknya jangan hanya sebagai penonton saja di bidang pariwisata tetapi antara sektor pariwisata dan Sumber Daya Manusia berjalan paralel sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

“kami siap menerima usulan prioritas dari kecamatan Kuwus, untuk dijadikan POKIR (pokok pokok pikiran) kami di DPRD,” ujarnya.

Ia pun menjelasakan, proses perencaan pembangunan tahun 2021 menggunakan sistem e-planning, usulan yang sudah menjadi prioritas di Musrenbang akan tetap ada sampai di Kabupaten. Tidak ada ruang bagi DPRD untuk memasukan program di tengah jalan,katanya.

Sementara itu,Ketua panitia Musrenbangcam Gabriel Bagung mengatakan,prioritas yang di usulkan yakni, pembangunan jalan, lapen dan hotmix serta Irigasi .

Musyawarah tersebut dihadiri anggota DPRD, Benediktus Nurdin, dan Kristoforus Wali, sejumlah Pimpinan OPD Pemkab Manggarai Barat, Forkompimcam Kuwus,tokoh pendidikan, serta undangan lainnya.
KIM : (Save Haban/ Hans)

Leave a Reply

Your email address will not be published.