Menu Close

BUPATI GUSTI DULA GANDENG KOMUNITAS PEDULI KEBERSIHAN LINGKUNGAN ‘PERANGI’ NYAMUK AEDES AEGYPTI

LABUAN BAJO – Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, Menggandeng Komunitas Peduli Kebersihan dengan menggelar Aksi Bersih Serempak Kota Labuan Bajo.

Aksi tersebut digelar untuk mengantisipasi merebaknya Kasus DBD yang disebarkan Nyamuk Aedes Aegypti.

Aksi tersebut diawali dengan Apel Kekuatan yang di Pimpin Bupati Gusti Dula, pada area Car Free Day  di Perempatan Langka Kabe, Sabtu, (05/01/2019).

Bupati Gusti Dula mengatakan, kasus demam berdarah dengue (DBD) di Labuan Bajo sudah mengkhawatirkan. Bupati pun melakukan berbagai upaya untuk mencegah menularnya penyakit berbahaya ini, salah satunya dengan kegiatan membersihkan Kota Labuan Bajo dengan melibatkan Seluruh Gabungan Komunitas Peduli Kebersihan Labuan Bajo.

“Saya mengucapkan trimakasih kepada teman-teman Komunitas atas kepeduliannya mencegah menularnya penyakit berbahaya ini dengan aksi membersihkan Kota Labuan Bajo,” ucap Bupati.

Sementara Suster. Maria Yosephina,SSpS dari Gabungan Komunitas Kebersihan Labuan bajo mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami untuk mengantisipasi agar penyakit berbahaya ini tidak menyebar kemana-mana.

“Kami tetap melakukan upaya antisipasi agar kasus DBD dapat ditekan,” kata Suster. Yosephin.

Suster Yosephin bersama Gabungan Komunitas Kebersihan Labuan Bajo, pun melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit DBD ini, diantaranya dengan membersihkan Lingkungan Kota Labuan Bajo dan dengan terus  melakukan sosialisasi pencegahan DBD kepada masyarakat.

Masyarakat diberikan pemahaman terkait penyakit ini, bahaya yang dapat ditimbulkan dan yang terpenting adalah cara pencegahannnya.

“Mulai dari tingkat RT/RW/ Kelurahan/Desa, program pemberantasan sarang nyamuk dengan menguras, menutup, dan mengubur barang bekas yang menjadi sarang nyamuk terlaksana dengan baik,”  katanya.

Pantauan Kominfo Mabar, perlengkapan kebersihan yang berasal dari Komunitas Kebersihan Labuan Bajo, dibagikan secara cuma-cuma kepada peserta kebersihan.

Bupati Gusti Dula bersama unsur Forkompinda, PNS, Gabungan Komunitas Peduli Kebersihan Mabar serta segenap stakeholder yang tergabung dalam aksi tersebut menggelar kebersihan di beberapa area antara lain Pasar Wae Kesambi, Pasar Baru, Air Kemiri.

Peserta terlihat membawa parang, Sapu Lidi, dan Penggaruk Sampah, sedangkan Mobil Angkut Sampah disiapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup. Aksi tersebut berjalan lancar serta mendapat antusias warga. (Yohanes Fortunatus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.