Menu Close

Bupati Edistasius Endi Ajak Forkopimda Kota Tegal Kunjungi Obyek Wisata DPSP Labuan Bajo

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Bupati Manggarai Barat (Mabar) merasa senang Wali Kota Tegal bersama Forkopimda, Pj. Sekda Kota Tegal dan OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal datang ke Manggarai Barat.

Bupati Mabar Edistasius Endi, SE menerima Wali Kota Tegal dan rombongan didampingi Sekda Drs. Fransiskus Sales Sodo, Pabungdim 1612/Manggarai Mayor Inf. Ery Ninu, Kadis Parekrafbud Pius Baut, SE, Kaban Litbangda Petrus Antonius Rasyid, SSTP, Kaban Kesbangpol Ir. Fransiskus Partono, Kabag Prokopim Rafael Guntur, SE, di La Cecile Hotel Manggarai Barat, Minggu (4/1) malam.

“Senang dan bahagia kami didatangi oleh orang-orang luar biasa. Kalau dulu bicara Tegal itu begitu jauh. Tapi kalau hari ini Tegal itu di seberang. Tapi dengan kebersamaan kita hari ini dan hari-hari kedepan, Tegal itu dekat di hati dan dekat di mata,” ungkap Bupati Edi Endi.

Bupati Mabar mengungkapkan potensi luar biasa dari Kabupaten Manggarai Barat, utamanya potensi pariwisata. Banyak tempat di Kabupaten yang karena pemekaran kini baru berusia 20-an tahun itu yang menawarkan keindahan dan keunikan untuk dikunjungi.

“Ada 52 spot diving di Labuhan Bajo yang berada di pulau-pulau kecil punya keindahan dan keunikan berbeda serta menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Silakan dicoba,” ungkap Bupati.

Dikatakan Bupati Edi Endi, Mabar terus berbenah dan berubah dalam rangka menjadikan Manggarai Barat sebagai daerah tujuan wisata nasional maupun internasional. Apalagi dulunya banyak penduduknya yang bekerja sebagai petani, namun lima tahun terakhir banyak yang berkecimpung di bidang pariwisata.

“Dari tahun ke tahun ada perubahan. Tahun depan bandara Labuhan Bajo sudah jadi bandara intenasional. Jadi dari Australia, Singapura, Taiwan, Dubai langsung ke Labuhan Bajo. Pemerintah Pusat berencana akan memperpanjang landasan,” ungkap Edistasius.

Demikian juga, kata Bupati Edistasius, hotel-hotel di wilayah Manggarai Barat sedang bertumbuh dan berkembang.

“Tiga tahun terakhir hotel bintang 5 sudah mulai bertumbuh di tempat ini. Tahun 2023 Manggarai Barat rencana menjadi tuan rumah ASEAN Summit,” tutur Edistasius.

Pada tempat yang sama. Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tegal ingin menggali ilmu tiga sektor unggulan yang ada di Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ketiga sektor itu antara lain optimalisasi pengembangan budidaya perikanan, pelayanan perijinan dan potensi kepariwisataan yang mendukung ketahanan pangan dan ekonomi di Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Kami memiliki konsen yang tinggi pada tiga sektor yang ingin kita ketahui di Kabupaten Manggarai Barat, yakni pengembangan budidaya perikanan, pelayanan perijian dan pariwisata. Sektor – sektor inilah yang hendak kita gali lebih dalam disini,” ungkap Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono di hadapan Bupati Manggarai Barat, dan jajarannya saat memimpin Kunjungan Kerja Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Untuk diketahui anggota Forkopimda Kota Tegal yang turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut antara lain Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro, ST, Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh, SE, Kapolresta Tegal AKBP Rahmad Hidayat, SS, Kajari Kota Tegal Slamet Siswanta, SH, MH, Pj. Sekda Kota Tegal Dr. dr. Sri Primawati Indraswari, Sp.KK, MM, MH, Asisten I Dyah Kemala Sintha, SH, MH dan beberapa pejabat eselon II dan III terkait di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

Wali Kota Tegal berharap pertemuan dan kunjungan ke Kabupaten Manggarai Barat selain untuk menjalin silaturahmi dua kota, juga sebagai kunjungan kerja maupun studi komparasi serta studi tiru untuk mengetahui, menggali dan selanjutnya dikembangkan di Kota Tegal.

Menurutnya Kabupaten Manggarai Barat dan Kota Tegal memiliki potensi yang hampir sama, yakni sebagai kota pantai dan pusat perdagangan, dan pariwisata.

” Saya berharap ada oleh-oleh yang dapat kami terapkan dan implementasikan di Kota Tegal demi kemajuan pembangunan Kota Tegal untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Tegal. Terima kasih dan tentunya kita berharap ada kunjungan balasan ke Tegal. Kita cari pengalaman disini, dengan banyak belajar akan lebih baik,” tutur Wali Kota.

(Syarif ab – Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *