Menu Close

Bupati Edi Endi, Percepat Vaksinasi Booster Untuk Kalangan Pejabat di Lingkup Pemkab Mabar

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Bupati Manggarai Barat Flores NTT,  Edistasius Endi  mengakselerasi vaksinasi untuk tercapainya herd immunity serta menekan laju penyebaran Covid-19 dan angka kematian.

Untuk mendukung akselerasi vaksinasi,Bupati Edistasius Endi mengeluarkan surat bernomor Dinkes. 440/245/11/2022 Perihal Pelayanan Vaksinasi Booster bagi Pimpinan Pejabat Publik dan Eselon IlI  lingkup pemerintah Kabupaten Manggarai Barat .

Pemberian vaksinasi Pfizer untuk kalangan pejabat berlangsung di Aula Kantor Bupati, Jumat ( 11 /3/2022).

Sasaran yang diundang dalam vaksinasi ini dari setiap instansi adalah Pejabat struktural. Sedangkan staf akan divaksinasi secara masal yang dilaksanakan pada tanggal 14 sd 25 Maret 2022 di Aula Youth Center Labuan Bajo.

Vaksinasi booster merupakan vaksinasi Covid-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap dan ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.

Pemberian vaksinasi booster ditujukan kepada masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas dengan prioritas lansia, penderita imunokompromais, dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik dan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dua dosis.

Syarat peserta yang dapat menerima vaksin dosis lanjutan/booster antara lain, sudah divaksin lengkap, dengan vaksin primer jenis Sinovac atau AstraZeneca, jarak pemberian dari vaksin dosis kedua minimal 6 bulan, telah memiliki tiket vaksinasi dosis ketiga di Aplikasi PeduliLindungi.

Pegawai dalam kondisi hamil dapat menerima vaksin dosis lanjutan/booster dengan usia kehamilan lebih dari 13 minggu, dan pegawai penyintas Covid-19 dengan gejala berat, jarak pemberian vaksinasi dosis lanjutan/booster minimal setelah 3 bulan sembuh, sedangkan bagi penyintas Covid-19 gejala ringan/sedang minimal setelah 1 bulan sembuh.

Vaksinasi Covid-19 merupakan game changer atau salah satu langkah krusial yang menentukan kesuksesan Indonesia keluar dari pandemi ini. Vaksinasi merupakan salah satu strategi Pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19, karena kedisiplinan masyarakat juga harus berjalan beriringan.

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, vaksinasi booster juga sudah mulai dilakukan sejak tanggal 12 Januari 2022 dan diberikan kepada masyarakat secara gratis.

(Hans-Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.