Menu Close

Bupati Edi Endi Lantik 10 Kades di Kecamatan Macang Pacar dan Kecamatan Pacar

Labuan Bajo, Kominfo Mabar-Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi,SE melantik dan mengambil sumpah jabatan 10 Kepala desa hasil Pilkades serentak Tahun 2022 di Kecamatan Macang Pacar dan Kecamatan Pacar, Jumat (28/10) dan Sabtu (29/10).

Pelantikan beberapa Kepala Desa ini dilaksanakan di 3 tempat yaitu di Rego Kecamatan Macang Pacar, di Bari bertempat di Kantor Camat Macang Pacar dan di Kantor Camat Pacar.

Para Kepala Desa yang dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Bupati Manggarai Barat di Rego Kec. Macang Pacar pada Jumat 28 Oktober 2022 adalah Kepala Desa Wontong Stevanus Gerak,SH , Kepala Desa Rego Fransiskus Hariaman, dan Kepala Desa Rokap Albinus Jupen.

Disamping itu Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE melantik 4 kepala desa lainnya di Kantor Camat Macang Pacar di Bari, Sabtu 29 Oktober 2022. Mereka adalah Kepala desa Raba Adrianus L Ngate, Kepala desa Nggilat Elias Fridus Jani, Kepala desa Nanga Kantor Agustinus Ibut, A.Md dan Kepala Desa Mbakung Sebastianus Pilemon.

Usai melantik tujuh Kepala Desa di Kecamatan Macang Pacar, Sabtu 29 Oktober 2022 Bupati Manggarai Barat melanjutkan pelantikan tiga Kepala Desa di Kecamatan Pacar, yaitu: Kepala desa Loha Donatus Jemahan, Kepala Desa Pacar Yulianus Saridin dan Kepala desa Golo Lajang Fonsianus Jemadu. Acara pelantikan di pusatkan di kantor Camat Pacar.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi,SE dalam kesempatan saat melantik sejumlah kepala desa mengingatkan beberapa persoalan penting yang menjadi perhatian dari para Kepala Desa yang baru di Lantik di antaranya;

Pertama, penanganan stunting atau gagal tumbuh. Bupati Edi berharap peran kepala desa sangat penting dalam menangani penekanan masalah stunting. Untuk itu Bupati meminta, agar dalam APBDes harus disediakan anggaran untuk penanganan stunting.

Agar pelaksanaan percepatan penanganan stunting berjalan maksimal dimasing-masing desa, Bupati menegaskan jika ingin mencairkan dana desa harus disertai rekomendasi dari Kepala Puskesmas setempat. hal itu di maksudkan, untuk memastikan desa telah mengalokasikan APBDes untuk penanganan stunting.

Kedua, masalah kualitas SDM. Bupati Edi berharap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pemerintah desa harus menjadi garda terdepan. Oleh karena itu, setiap desa harus memastikan memiliki PAUD. Pemerintah Desa harus menyiapkan fasilitas penyelenggaraan PAUD.

Ketiga, tugas Kepala Desa dalam mendorong warga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan. Kepala desa di minta untuk kembali mengingatkan kepada warga masyarakat yang masih menunggak pajak. Bupati mengingatkan untuk tidak membiasakan PBB di bayar oleh kepala desa, melainkan harus dibayarkan oleh wajib pajak sendiri.

Keempat, masalah kemiskinan. Bupati Edi meminta Kades untuk mengerakan seluruh staf dan dusun, untuk kembali melakukan pendataan untuk keluarga yang ada di desanya. Tentu setelah melakukan pendataan, dengan mencermati hasil pendataan, Kepala desa harus mencari solusi dan mengambil keputusan, untuk melakukan upaya penanganan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Edi juga mengingatkan kepada Kepala Desa untuk menegakan disiplin untuk perangkat desa dan staf di desa masing-masing. Oleh karena itu dirinya berharap agar setiap hari Senin harus melaksanakan upacara di kantor desa dan setiap hari baik kepala desa dan perangkat desa harus masuk kantor seperti biasa.

Untuk menyukseskan tugas yang diemban oleh Kepala Desa, Bupati Edi juga meminta istri Kepala Desa untuk memberikan dukungan dan dorongan bagi suami, agar tetap kuat dan semangat dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin di desanya. Bupati Edi juga meminta kepada kepala desa untuk kembali mengerakan warga desa melakukan bakti gotong royong di desa.

Hadir dalam Pelantikan Kepala Desa di Kecamatan Macang Pacar dan Kecamatan Pacar di antaranya, Ketua TP PKK Ny. Trince Yuni Endi, Kepala Dinas Perindag Kabupaten Manggarai Barat Gayetanus Fanggur,SP, Kepala Badan Kesbangpol Fransiskus Partono, Kepala Dinas Cipta Karya Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Manggarai Barat Saverinus Kurniadi,ST, Kasat Pol PP Stefanus Salut, S. Sos,

Kepala Bagian Forkopimda Setda Kabupaten Manggarai Barat Rafael Guntur, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Manggarai Barat, Drs. Adrianus Gunawan, Camat Macang Pacar Doroteus Ugan,SP, Camat Pacar Ferdi Pelong bersama unsur Forkopimcam dua Kecamatan, Ketua TP-PKK Kecamatan Macang Pacar dan Kecamatan Pacar, tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

(Frumens-Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.