Menu Close

Bupati dan Forkopimda Mabar Tinjau Pasar Malwatar Lembor Yang Terbakar

KOMINFO MABAR; 06 Maret 2021 Labuan Bajo – Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat (Mabar) bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manggarai Barat meninjau langsung lokasi kebakaran di pasar Malwatar Kelurahan Tangge Kecamatan Lembor Manggarai Barat, Jum’at (05/03).
Bupati dan Wakil Bupati beserta unsur Forkopimda tiba di lokasi sekitar pukul 16.30 dan menuju lokasi kebakaran untuk melihat langsung dan berdialog dengan masyarakat dan pemilik kios yang terbakar.
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari masyarakat, kebakaran terjadi sekitar pukul 04.00 pagi dan menghanguskan ratusan kios yang berada di lokasi pasar Malwatar tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut.
Bupati Mabar Edistasius Endi atas nama pemerintah daerah menyampaikan permohonan maaf rasa keprihatinannya yang mendalam atas kejadian kebakaran di pasar Malwatar yang menimbulkan kerugian material dan hilangya tempat mencari nafkah bagi masyarakat.
“Peristiwa kebakaran yang terjadi untuk kedua kalinya menimpa pedagang di pasar Malwatar dan membuka pikiran dan mata hati Pemerintah Daerah Manggarai Barat agar segera berbenah diri, untuk itu kami menyampaikan permohonan maaf dan keprihatinan mendalam kepada masyarakat yang mengalami musibah ini,” ucap Bupati Mabar
Bupati Edistasius Endi berjanji atas kejadian kebakaran ini akan segera menyediakan mobil pemadam kebakaran di pemukiman yang jumlah penduduknya sangat banyak.
“Mobil pemadam kebakaran akan segera kami tempatkan di beberapa wilayah strategis dan pemukiman padat penduduk,” ungkap Bupati
Bupati juga berterimakasih kepada jajaran Dinas Sosial, BPBD, serta Dinas Perindagkop yang langsung terjun kelokasi kejadian di pasar Malwatar Lembor untuk melakukan pendataan terkait korban dan kerugian yang ditimbulkan.
“Untuk OPD yang langsung sigap terhadap kejadian ini saya ucapkan terimakasih, begitupula kepada camat Lembor dan jajarannya beserta aparat TNI POLRI yang sudah bergotong royong bersama masyarakat dalam meredam kobaran api yang meratakan bangunan-bangunan di pasar,” ucapnya.
Dirinya turut prihatin dan sedih terhadap apa yang menimpa masyarakat pada hari ini, beliau bersama unsur Forkopimda akan segera mengusut tuntas penyebab kejadian kebakaran ini.
“Jika hari ini kami belum membawa material untuk bapak ibu, maafkanlah kami, tapi kami tidak akan membiarkan bapak ibu merasakan sendiri bencana ini, pemerintah akan mengambil sikap dan akan membantu kerugian sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh pemerintah” unkap bupati saat bertemu para korban.
Diakhir sambutannya, Bupati Mabar meminta keoada seluruh masyarakat Manggarai Barat untuk bersama- sama berdoa agar bencana ini tidak terulang kembali dan secepatnya bisa teratasi.
“Semoga kejadian ini tidak terulang kembali dan pemerintah secepatnya bisa mengatasi masalah ini dan semoga para korban bisa secepatnya bisa mencari nafkah kembali, mohon doa kita semua,”b pungkas Bupati Mabar Edistasius Endi.
Turut mendampingi Bupati, Wakil Bupati Mabar dr. Yulianus Weng, Ketua DPRD Martinus Mitar, Kapolres Mabar AKBP Bambang Hari Wibowo, Kajari Mabar yang diwakili Kasipidsus Assassin Hakim, SH, Dandim 1612 Ruteng Letkol Ivan Alfa, S.Sos.
(Mckabmanggaraibarat/Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.