Menu Close

Awal Tahun 2023, Bupati Mabar Sidak Dinas LHP

Labuan Bajo, Kominfo Mabar – Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Kabupaten Manggarai Barat, Selasa (03/01/2023) selepas waktu istirahat siang.

Sidak ini merupakan sidak pertama di awal tahun 2023. Dalam sidak ini Bupati mengecek kehadiran para pegawai dan kesiapan para pegawai dalam menjalankan tugas.

Usai mengecek kehadiran para pegawai Bupati Edi Endi meminta waktu untuk rapat bersama para pegawai Dinas LHP. Dalam rapat ini Bupati Edi Endi memberikan beberapa arahan untuk menjadi atensi para pegawai dalam memulai agenda kerja pada Tahun 2023.

Bupati Edi mengatakan bahwa Labuan Bajo telah ditetapkan sebagai Daerah Tujuan Wisata Super Prioritas. Karnanya menurut Bupati masalah kebersihan menjadi isu utama dan harus disikapi secara serius. Hal ini menurut Bupati untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan.

“Masalah kebersihan, masalah sampah menjadi isu utama di Labuan Bajo yang telah ditetapkan sebagai Daerah Tujuan Pariwisata Super Prioritas. Butuh komitmen yang serius dari dinas ini dalam penanganan sampah. Kalo kita komit dengan masalah sampah itu artinya kota ini pasti bersih, kalo bersih pasti para wisatawan akan nyaman berada di Labuan Bajo yang pada akhirnya kita mendapat kesan yang baik dari para wisatawan yang kemudian akan berdampak pada semakin banyaknya wisatawan ke Labuan Bajo”, ungkapnya.

Dalam menyikapi masalah sampah, Bupati Edi menginstruksikan agar Dinas LHP untuk mengevaluasi lagi manajemen pengelolaan sampah di Labuan Bajo mulai dari deteksi sumber sampah sampai pada pengolahannya.

“Evaluasi ulang mengenai pengelolaan sampah yang ada saat ini. Data ulang potensi sumber sampah, mulai dari sampah Rumah Tangga, Hotel dan Restoran, UMKM maupun usaha kapal wisata”, tegasnya.

Terkait masalah potensi sampah rumah tangga, Bupati Edi Endi meminta agar rumah tangga didorong untuk mengurus sampah secara mandiri. Sedangkan untuk sampah Hotel dan restoran, Bupati meminta agar perlu dikaji ulang besaran retribusi yang dibebankan kepada hotel atau restoran, harus korelasi dengan jumlah sampah yang dihasilkan.

Lebih lanjut Bupati bumi Komodo tersebut mengatakan setelah mengetahui potensi sampah, langkah berikutnya adalah pengangkutan sampah. Dirinya meminta agar ditata ulang mekanisme pengangkutan sampah.

“Tata ulang mekanisme pengangkutan sampah berdasarkan potensi sumber sampah. Kendaraan roda 4 harus dipastikan maksimal mengangkut sampah. Jangan sampe ada sampah yang tercecer dan tertinggal. Sedangkan roda 3 dibuat SOP nya agar 1 unit roda 3 mengangkut sampah untuk 200 rumah”, katanya.

Sementara untuk memaksimalkan kerja armada baik roda 3 maupun roda 4 Bupati Edi Endi menginstruksikan agar dibuatkan PKS dengan pengelola SPBU sehingga armada pengakut sampah bisa beroperasi maksimal.

“Siapkan PKS dengan pengelola SPBU, agar bahan bakar untuk operasional kendaraan bisa disiapkan oleh pengelola SPBU sambil menunggu ketersediaan anggaran. Sebab sehari sampah tidak diangkut, aromanya mengganggu kenyamanan masyarakan dan wisatawan”, ujar Bupati ujung barat pulau Flores tersebut

Hal lain yang menjadi perhatian Bupati adalah soal limbah tinja kapal wisata yang dibuang ke Laut. Bupati mengistruksikan agar Dinas LHP menyiapkan regulasinya. Hal ini disampaikan Bupati Edi Endi menyikapi keluhan para pemerhati lingkungan dan wisatawan yang berwisata di perairan Labuan Bajo.

Diakhir arahannya bupati Edi dengan tegas mengatakan akan mengevaluasi para petugas kebersihan yang lalai dalam menjalankan tugasnya. Menurutnya, daerah ini rugi membayar orang yang tidak berdedikasi dalam tugasnya.

Sementara itu kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Ir. Sebastianus Wantung, kepada TIM IKP Kominfo menjelaskan bahwa dirinya selaku Kadis  LHP bersama staf siap menjalankan semua arahan Bupati Manggarai Barat.

“Pada Prinsipnya kami siap menjalankan apa yang menjadi arahan bapak Bupati sebagai panduan kerja kami di tahun 2023. Sesuai tugas dan Fungsi kami, semua arahan akan menjadi atensi saya dan para staf. Siap laksanakan dan siap wujudkan Labuan Bajo bersih”, ungkapnya.

(Tian – Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *