Menu Close

904 Penumpang Kapal Pelni, Tim Gabungan Sigap Laksanakan Pemeriksaan

LABUAN BAJO, Kominfomabar – Sebanyak 904 penumpang kapal laut Tilonk Kabila turun di Pelabuhan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Minggu (5/4/2020) malam pukul 19.00 Wita. Kapal Tilonk Kabila berdasarkan informasi mempunyai rute Pelayaran dari Denpasar menuju Makassar.

Tim gabungan gugus tugas pencegahan Covid19 Mabar yang terdiri dari Kesbangpol, BPBD, Dishub Mabar, Syahbandar, Pelni, KKP Labua Bajo, KP3 Laut Polres Mabar sigap dan konsisten memeriksa keseluruhan penumpang yang turun tersebut.

Komandan KP3 Laut Polres Mabar Aiptu Nanang Kurniawan mengatakan penumpang kapal tilonk dengan Pelayaran Denpasar, Lembar NTB, Bima, Labuan Bajo dan Makassar, pada pukul 19.00 Wita bersandar di pelabuhan Labuan Bajo dengan jumlah penumpang turun 904 orang.

“jumlah penumpang yang turun sebanyak 904 orang yang yang terdiri dari balita, ibu hamil dan lain sebagainya. Penumpang bukan hanya berasal dari Manggarai Barat, tapi juga daerah se daratan Pulau Flores,” katanya

Nanang mengungkapkan, total penumpang dalam kapal milik PT Pelni itu 975 orang. Namun, 904 di antaranya turun di Pelabuhan Labuan Bajo dan sisanya akan melanjutkan pejalanan ke Makasar. Kapal tersebut datang dari Bali.

“Selanjutnya, 904 penumpang itu meneruskan perjalanan menuju berbagai daerah di Flores, di antaranya Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Aimere, Bajawa, Ende dan lain-lain,” terang Aiptu

Komandan KP3 Laut menjelaskan, sejauh ini penanganan penumpang yang turun di Pelabuhan Labuan Bajo, termasuk di Pelabuhan ASDP setempat dan di Bandara Komodo oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Kabupaten Mabar berjalan baik. Semua penumpang yang turun langsung ditangani sesuai SOP penanganan gugus tugas pencegahan Covid19.

“semua penumpang yang turun akan di periksa suhu badannya kemudian diarahkan untuk cuci tangan dan mengisi data pada formulir pendataan yang telah disediakan oleh tim. Upaya ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid19) di Manggarai Barat,” pungkasnya.

Senada dengan itu petugas dari KUPP Mardan menjelaskan berdasarkan Laporan kedatangan/ keberangkatan kapal KM. Tilong Kabila yang kami terima jumlah keseluruhan penumpang sebanyak 975, yang turun di pelabuhan Labuan Bajo sebanyak 904 orang.

“dalam laporan kedatangan/ keberangkatan kapal, Kapal datang dari Bali tercatat total jumlah penumpang 975 orang, yang turun dipelabuhan Labuan Bajo sebanyak 904 orang dan sisanya 71 orang melanjutkan perjalanan ke makassar,” ungkap Mardan

(Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.