Menu Close

Pemkab Manggarai Barat Terima Penghargaan Adipura 2022

Loading

Labuan Bajo, Kominfomabar – Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat, menerima penghargaan Adipura 2022 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, RI. Adipura diterima langsung oleh Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng, M.Kes dari Menteri KLHK, Siti Nurbaya Bakar.

 

Adipura diterima oleh Wabup Weng pada Selasa (28/02), di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Turut hadir mendapingi Wabup Weng dalam penerimaan Adipura itu, antara lain : Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kab. Manggarai Barat, Ir. Sebastianus Wantung, Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas, Zulfikar, ST., Analis Sistem Mutu dan Lingkungan, Ar

mansyah, ST dan Pengawas Lingkungan Hidup Ahli Muda, Bartoldus Budiarson, A.Md.Kep.

Sebagaimana release KLHK, pemberian Penghargaan Adipura 2022 ini merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang setiap tahun jatuh pada tanggal 21 Februari.

HPSN telah menjadi platform kolaborasi multi pihak yang efektif untuk membangun kesadaran publik dalam upaya-upaya pengelolaan sampah. HPSN Tahun 2023 telah menjadi babak baru untuk pengelolaan sampah

di Indonesia menuju Zero Waste, Zero Emission Indonesia.

Program Adipura 2022 mengklasifikasikan kabupaten/kota berdasarkan dokumen Jakstrada, kapasitas terpasang sistem pengelolaan sampah dengan basis sistem teruji dan data yang akurat terverifikasi melalui SIPSN, Operasional TPA, dan Ruang Terbuka Hijau.

Pelaksanaan Program Adipura 2022 melibatkan 258 kabupaten/kota se-Indonesia, atau sebanyak 50,2% dari 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Adapun, kabupaten/kota yang meraih Anugerah Adipura Kencana sebagai penghargaan tertinggi bagi kabupaten/kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan sebanyak 5 kabupaten/kota. Anugerah Adipura sebanyak 80 kabupaten/kota. Penghargaan sertifika

t Adipura sebanyak 61 kabupaten/kota, dan penghargaan plakat Adipura yang merujuk pada lokasi 2 tematik dengan kondisi pengelolaan sampah terbaik sebanyak 4 kabupaten/kota.

Manggarai Barat termasuk 1 dari 80 kabupaten/kota yang menerima anugerah Adipura.

Program Adipura merupakan salah satu program pemerintah pusat melalui KLHK yang bertujuan untuk mendorong kepemimpinan dan komitmen pemerintah kabupaten/kota serta membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk berperan menselaraskan pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik. (EfjE – Tim IKP Kominfo Mabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *