Menu Close

27 ASN MABAR BERTARUNG JADI YANG TERBAIK

LABUAN BAJO, 27 September 2019 – Seleksi jabatan yang bersifat transparan sebagai salah satu upaya dalam mencari ASN yang profesional dan akuntabel serta kompeten untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) merupakan langkah tepat yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD).

Langkah tersebut merupakan pengejawantahan dari amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Lebih dari itu, ASN yang berkualitas dan berintegritas serta memiliki kredibilitas dan berdaya saing sangat dibutuhkan di era industri 4.0 dalam memberikan pelayanan yang paripurna kepada masyarakat.

Upaya untuk mewujudkan salah satu tuntutan reformasi yaitu penyelenggaraan Pemerintahan yang bersih dan transparan dengan melakukan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilakukan oleh BKPPD Kabupaten Manggarai Barat di aula lantai 8 hotel Jayakarta, Senin (23/9). Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari sejak 23-27 September 2019.

Sejumlah jabatan yang akan diperebutkan oleh para ASN yang dinyatakan telah lolos seleksi administrasi adalah Jabatan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Jabatan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Jabatan Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (DPPK dan UMK), Jabatan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), dan Jabatan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) serta Jabatan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Berikut adalah peserta yang ikut dalam seleksi Jabatan Staf Ahli yakni Sebastianus Pro,SE., Siprianus Adi Rambu,S.Psi., Paulus Jeramun,S.Sos.M.Si., Simpronius Magung,SH., dan Viktor Budi,SH.

Untuk Jabatan Kepala DPPK dan UMK diikuti oleh Fransiskus Xaverius Syukur, Paul Baut,SE., Bernadus Odem,S.Psi., Mauritz Alvino Latubatara,SP., Drs. Sesarius Gunalis., Anotinius Jemi,ST., dan Fatinci Reynilda,SP.

Sementara peserta yang ikut seleksi Jabatan Kepala Dinas Kesehatan terdiri dari Siti Hajar,S.Si,Apt., Paulus Mami,SKM., dan Emilia Nuida,SKM.

Sedangkan untuk Jabatan Kepala DPKH diikuti Velik Janggur,SP., drh. Yustina H. Lajar, drh. Theresia Primadona Asmon, dan Abidin,S.KH.

Peserta yang mengikuti seleksi Jabatan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi adalah Ir. Aurelia Imelda Meze, Fransiskus Male,S.Pd., Maria Aloisia Malung Daduk,S.Pd., dan Ismantoyo,S.ST.

Jabatan Kasat Pol PP diikuti Stefanus Salut,S.Sos., Yesualdus R.M.A Ngolong,S.IP., Abdullah Nur,S.IP., Aloisius Lahi,S.IP., dan Ferdinandus Ben,S.Sos.

Ke-27 ASN tersebut saling beradu kapabilitas dan keunggulan untuk menjadi yang terbaik dalam memimpin Organisasi Perangkat Daerah di Lingkup Pemkab Mabar. Sebelumnya mereka telah mengikuti seleksi adminstrasi. Selanjutnya pada tanggal 30 September sampai dengan 3 Oktober 2019, para ASN tersebut akan mengikuti uji Kompetensi Bidang/Presentasi makalah dan wawancara.

Masyarakat sangat berharap agar proses seleksi yang berlangsung terbuka dan transparan itu dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin yang andal dan mumpuni, apalagi Labuan Bajo sebagai kota Pariwisata berkelas dunia membutuhkan pemimpin yang berkualitas. (Arnoldus Nggorong)

Leave a Reply

Your email address will not be published.